Prof.Dr.Hj. Farida Jasfar, ME,Ph.d

Prof.Dr.Hj. Farida Jasfar, ME,Ph.d

IDENTITAS PRIBADI
1. Nama Lengkap : Prof. Dr. Hj. Farida Jasfar, ME, Ph.D
2. NIP / NIK : 0052/USAKTI
3. Jabatan Struktural : Dekan Fakultas Ekonomi
4. Jabatan Fungsional : Guru Besar Ilmu Manajemen
5. Pangkat / Golongan : Pembina Utama Madya / IVd
6. Fakultas/Jurusan/Bagian : Fakultas Ekonomi / Ilmu Manajemen
7. Tempat/Tanggal Lahir : Padang Panjang, 23 Juli 1944
8. Alamat Rumah : Jl. Kemanggisan Ilir No. 21, Jakarta Barat
9. Agama : Islam
10. Telepon/Fax. /HP :
11. E-mail : farida@fe.trisakti.ac.id
RIWAYAT PENDIDIKAN
1. Program Pendidikan Tinggi
a. Sarjana Ekonomi Perusahaan, Universitas Padjadjaran, 1971
b. Magister Ilmu Manajemen, Universitas Indonesia, 1992
c. DBA, Nova Southeastern University, USA, 2001
d. Ph.D, University Malaya (UM), Kuala Lumpur, 2007
2. Program Pendidikan/Kursus/Training Tambahan
a. Level Enam Intemediate English, Lembaga Indoesia-Amerika (LIA), 1977.
b. English for Special Purposes Program, English as a Second Language,
International English Institute, Fresno, USA, 1985..
c. Akta V, 1984.
d. Kursus Metode Kuantitatif Lembaga Demografi Universitas Indonesia, 1985.
e. Program TOEFL di American Language Training, Jakarta, 1987.
f. Studi Masalah Ekspor ke USA, Bangkok dan Hongkong, 1991.
g. Crash Program in English for Special Purpose (ESP), Educational Training
Centre (ETC), 1994.
h. General Engish Course, Intermediate (Level7), English Educational Centre
(EEC), 1994.
i. Kursus Strategic Financial Management in Universities, International Institute
for Educational Planning (IIEP), Paris, France, 2000.

JUDUL DESERTASI
1. Mediating Effects of Consumer Trust, Consumer Commitment and Customer
Satisfaction, in Buyer-Seller Relationships: an Investigation of Auto Service
Centre in Indonesia, Nova Southeastern University, USA, 2001.
2. Trust Based Relationship in Service Marketing: an Investigation on the Life
Insurance Industry in Indonesia, Faculty of Business and Accountancy University
of Malaya, Kuala Lumpur, 2007.
PIDATO PENGUKUHAN
1. Judul Pidato : Kualitas Sumber Daya Manusia pada Industri Jasa di
Indonesia
2. Nama/Tempat : Fakultas Ekonomi Usakti / Jakarta
3. Tanggal/Tahun : 27 Agustus 2003
RIWAYAT PEKERJAAN / JABATAN
1. Sebelum di Universitas Trisakti
a. Asisten Dosen, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, Bandung, 1971 s.d.
1974
b. SGV Utomo, Jakarta, 1973 s.d. 1975
2. Selama di Universitas Trisakti
a. Dosen Biasa, Fakultas Ekonomi Usakti, 1971 s.d. sekarang.
b. Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Usakti, 1979 s.d. 1987.
c. Direktur Lembaga Administrasi Perusahaan Fakultas Ekonomi Usakti, 1994 s.d.
1996.
d. Pembantu Dekan I, Fakultas Ekonomi Usakti, 1996 s.d. 1997.
e. Pembantu Dekan II, Fakultas Ekonomi Usakti, 1997 s.d. 2001.
f. Dekan, Fakultas Ekonomi Usakti, 2001 s.d. sekarang.
g. Dosen S2 Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, 2003
s.d. sekarang.
h. Ketua Konsentrasi Hospitality Management Program S2 Masgister
Management, Universitas Trisakti, 2004 s.d. sekarang.
i. Ketua Konsentrasi Service Management Program S3 Doktor Ilmu Ekonomi,
Universitas Trisakti, 2008 s.d. sekarang.
KEANGGOTAAN ORGANISASI PROFESI
1. Dalam Negeri :
a. Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI)
b. Indonesia Marketing Association (IMA)
c. Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)
2. Luar Negeri : American Marketing Association (AMA)

PUSAT STUDI / PUSAT PENGKAJIAN
Ketua Trisakti Internasional Center for Service Studies, (TICSS), 1998 s.d. sekarang.
PEMINATAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN PENELITIAN
1. Service Management & Service Marketing.
2. Marketing Management.
3. Consumer Relationship Management (CRM).
PENELITIAN YANG PERNAH DILAKUKAN
1. Analisa Kualitas Jasa Perusahaan Solution Provider di Jakarta, 1999.
2. Analisis Kualitas Kemitraan Antara Dealer Mobil dengan Perusahaan Otomotif di
Jakarta, 2000.
3. Pelayanan Bengkel Mobil dalam Menjalin Hubungan dengan Pelanggan,
Jabodetabek, 2000.
4. The Mediating Effects of Consumer Trust, Consumer Commitment and
Consumer Satisfaction in Buyer- Seller Relationship: an Investigation of Auto
Service Centres in Indonesia, 2000.
5. Peranan Komitmen dalam Service Relationship, Studi pada Pelanggan Salon
Kecantikan, Februari 2001.
6. Kualitas Hubungan (Relationship Quality) dalam Jasa Penjualan: Pengaruh
Hubungan Interpersonal Tenaga Penjualan pada Perusahaan Asuransi Jiwa,
September 2001.
7. Harga dan Merek Sebagai Indikator Dimensi Kualitas untuk Consumer Durables,
Studi pada Mobil Produk Jepang, 2002.
8. Hubungan Antara Kepuasan Pelanggan dan Price Acceptance Study pada
Penumpang Penerbangan Nasional, 2003.
9. Kualitas Relasional (Relationship Quality) dalam Jasa Penjualan, Pengaruh
Hubungan Interpersonal Tenaga Penjualan Kartu Kredit pada Industri Perbankan
di Indonesia, 2004.
10. Service Recovery Effectiveness in Beauty Salon, Laundry and Restaurant, Jakarta
Barat, 2004.
11. Kualitas Relasional (Relationship Quality) dalam Jasa Penjualan, Pengaruh
Hubungan Interpersonal Tenaga Penjualan Kartu Kredit pada Industri Perbankan
di Indonesia, 2004.
12. Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepercayaan dan Keputusan Membeli (Survei
Pada Ritel Modern di Jakarta, Bogor, Tanggerang dan Bekasi), 2005.
13. Efektivitas Pemulihan Pelayanan (Service Recovery) pada Salon Kecantikan,
Binatu dan Restoran di Kawasan Pusat Perdagangan (Trade Center) di Jakarta
Barat, 2005.
14. Hubungan Antara Perilaku Etis Konsumen dan Loyalitas Pelanggan pada
Lingkungan Usaha Eceran Modern Retail, Survei pada Beberapa Toko Serba
Ada (Departement Store) di DKI Jakarta, 2005.
15. Hubungan antara Kepuasan Pelanggan dan Price Acceptance Study pada
Penumpang Penerbangan Nasional, 2005.
16. Hubungan Antara Perilaku Etis Konsumen dengan Komitmen Afektif dan
Loyalitas Pelanggan pada Lingkungan Usaha Eceran Modern di DKI Jakarta
(Survei pada Beberapa Toko Serba Ada/TOSERBA), Maret 2006.
17. The Impact of Service Quality Toward Trust and Buying Decision in Retail Setting,
Jakarta, 2006.
18. The Relationship Between Consumer Ethical Behavior and Customer Loyalty in
Department Store Setting, Jakarta, 2006.
19. Indeks Respon Mahasiswa terhadap Kualitas Kerelasian pada Mahasiswa Aktif
FE Usakti, 2007.
20. Perbandingan Kualitas Jasa pada Beberapa Bank Papan Atas di Jakarta, 2007.
21. Model dan Pengelolaan Loyalitas Mahasiswa: Sebuah Pendekatan Berbasis
Konsep Kualitas Hubungan pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi Universitas
Trisakti, 2007.
22. Efek Respon Mahasiswa terhadap Kualitas Kerelasian pada Mahasiswa Aktif
Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, 2008.
KARYA DAN/ATAU PENGALAMAN PROFESIONAL
1. Penatar dengan Tema “Penataran Industri Kecil” Wilayah Jakarta Barat, 1989.
2. Penyuluh dengan tema “Penyuluhan Koperasi di Wlayah Jakarta Barat” dan
Pembina/Penatar/Penyuluh dengan tema “Pembinaan Pengusaha Industri Kecil
Kayu Limbah di Pondok Pinang, Jakarta, 1990.
3. Pelatihan Kepada Karyawan PT Sarinah Melalui Kerjasama Departemen
Perdagangan dengan LAP Fakultas Ekonomi Usakti, 1991.
4. Pelatihan kepada Karyawan PT Sarinah Melalui Kerjasama Departemen
Perdagangan dengan LAP Fakualtas Ekonomi Usakti, Jakarta, 1991
5. Tutor pada Program Pelatihan untuk Para Eksportir Indonesia Bantuan (loan)
Bank Dunia Kerjasama Departemen Perdagangan dengan SERCO Education
Limited, PT Indoconsult, Institute Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI),
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LIPPI), Lembaga Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LMFE-UI), 1989 s.d 1991.
6. Sebagai Moderator dalam Saresehan yang Diselenggarakan oleh Lembaga
Konsultan Pajak Yayasan Bina Arta dengan Topik Sarasehan Perpajakan dalam
Rangka Memasyarakatkan Perubahan dan Penyempurnaan Undang-Undang
Perpajakan Baru, 1995.
7. Penatar di Bidang Pemasaran dengan Tema: Diskusi dan Konsultasi Manajemen
Koperasi, Penatar pada Penyuluhan dan Pelatihan Manajemen Koperasi, 1998.
8. Penatar dengan Tema Koperasi Memasuki Era Reformasi serta Dampak Krisis
Moneter dan Ekonomi, 1998.
9. Anggota Tim Penilai Angka Kredit Kopertis Wilayah III, 1998 s.d. sekarang.
10. Anggota Tim Penilai (Asesor) BAN (Badan Akreditasi Nasional), 2001
11. Instruktur/Penyuluh pada Pelatihan Manajemen Jasa bagi Kepala SMU di DKI
Jakarta, 2002.
12. Sebagai Pembicara dan Pemakalah pada Simposium Nasional Riset Ekonomi
dan Manajemen di Universitas Surabaya dengan topik “Kualitas Hubungan
(Relationship Quality) dalam Jasa Penjualan, Pengaruh Hubungan Internasional
Tenaga Penjualan pada Perusahaan Asuransi Jiwa, 2002.
13. Instruktur/Penyuluh pada Pelatihan Kewirausahaan Perintisan Pendirian dan
Pengelolaan Usaha Kecil dan Koperasi (UKK) bagi Pimpinan Karang Taruna,
Pengelola UKK dan Pengurus RT/RW di Kompleks Tama Manggu Indah Kelurahan
Jurang Manggu Kabupaten Tangerang, 2004.
14. Sebagai Pembicara dan Pemakalah pada Kongres di Maastricht, The Netherlands
dengan Topik “The Effect of Shoping Motives dan Stroe Atributes Toward
Shopping Excitement dan Satisfaction at Multinational Hypermarkets in
Indonesia”, 2004 .
BUKU YANG TELAH DITERBITKAN
1. Manajemen Jasa, Pendekatan Terpadu, LPFE, Jakarta, Oktober 2003.
2. Manajemen Jasa, Pendekatan Terpadu, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta,
September 2005.
KARYA TULIS/MAKALAH TERPILIH YANG TELAH DIPUBLIKASIKAN
1. Analisis Kualitas Hubungan (Relationship Quality) antara Perusahaan Otomotif
dengan Dealer Mobil di Jakarta, Media Ekonomi, Vol.6 No.2, Agustus 2000.
2. Kualitas Jasa dan Hubungannya dengan Loyalitas serta Komitmen Konsumen;
Studi Pada Salon Kecantikan, Jurnal Siasat Bisnis, Penerbit LPFE Usakti, 2001
3. Analisis Kualitas Teknis dan Kualitas Fungsional pada Perusahaan Solution
Provider di Jakarta, Media Riset Bisnis & Manajemen, Vol. 1 Nomor 2, LPFE
Usakti, 2001
4. Perbedaan Peranan Tingkat Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Pelanggan
Hotel: Studi Tentang Service Relationship pada Hotel di Jakarta, Jurnal Bisnis dan
Akuntansi, LPFE Usakti, 2002
5. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hubungan dalam Pemasaran
Jasa: Studi Mengenai Pengaruh Hubungan Interpersonal Tenaga Penjual pada
Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia, Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen,
Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya, 29 Juni 2002.
6. Kualitas Hubungan dalam Jasa Penjualan : Pengaruh Hubungan Interpersonal
Tenaga Penjualan pada Perusahaan Asuransi, Jurnal Riset Ekonomi dan
Manajemen, Vol 2 No. 3, September 2002.
7. Kepuasan Pelanggan dan Price Acceptance : Studi pada Penumpang Penerbangan
Nasional, Media Riset Bisnis dan Manajemen, Vol.3 No.3, Desember 2003.
8. Trust Based In Relationship Marketing, Business and Entrepreneurial Review Vol.
4 No. 1, April 2003.
9. Kualitas Relasional dalam Jasa Penjualan: Pengaruh Hubungan Interpersonal
Wiraniaga Kartu Kredit Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Industri Perbankan,
Media Riset Bisnis & Manajemen, Volume 4, Nomor 2, LPFE Usakti, Agustus
2004.
10. The Effect of Shopping Motives and Store Attributes Toward Shopping Excitement
and Sastisfaction at Multinational Hypermarkets in Indonesia International
Management Development Research Yearbooks, Global Business, Coping With
Uncertainty, Advances in Global Management Development, Vol. XIII, 2004 .
11. Pentingnya Kualitas Pelayanan dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan dan
Keputusan Membeli, Survei pada Ritel Modern di Wilayah Jakarta, Bogor dan
Tangerang, Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 1 No. 1, Maret 2005.
12. Pengaruh Customer Orientation of Service Employee (COSE) terhadap Retensi
Pelanggan, Jurnal Penelitian Manajemen, Edisi Pemasaran, Nomor 1, LPFE Usakti,
Januari 2007.
13. Penelitian Tingkat Kesehatan Bank dan Prinsip Kehati-hatian (Prudential
Regulation), Media Ekonomi, Penerbit LPFE Usakti, 2008
14. Aset Liability Management (ALM) pada Industri Perbankan, Media Ekonomi,
Penerbit LPFE Usakti, 2008.
15. Belanja di Mal sebagai Suatu Kecenderungan Remaja Indonesia, Media Ekonomi,
Penerbit LPFE Usakti, 2008.
KARYA TULIS/MAKALAH TERPILIH YANG TIDAK DIPUBLIKASIKAN TETAPI
DIPRESENTASIKAN
1. Kualitas Hubungan dalam Jasa Penjualan, Pengaruh Hubungan Internasional
Tenaga Penjualan pada Perusahaan Asuransi Jiwa, Simposium Nasional Riset
Ekonomi dan Manajemen, Universitas Surabaya, 2002.
2. Effect of Shopping Motives dan Store Atributes toward Shopping Excitement dan
Satisfaction at Multinational Hypermarkets in Indonesia, Kongres di Maastricht,
The Netherlands, 2004.

PENGHARGAAN/TANDA JASA
1. Dosen Terbaik Universitas Trisakti, Tahun Akademik 1977/1978.
2. Peneliti Terbaik Peringkat I (Satu), Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Tahun
Akademik 1998/1999.
3. Peneliti Terbaik Peringkat II (Dua), Universitas Trisakti pada Dies Natalis Tahun
1999.